Di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif nasional dan meningkatnya kesadaran konsumen, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menunjukkan bahwa mobil ramah lingkungan bukan lagi sekadar alternatif. Situasi tersebut tercermin pada retail sales mobil penumpang Suzuki bulan April 2025, dimana penjualan model hybrid berkontribusi 51 persen. Capaian ini merefleksikan permintaan tinggi sekaligus perubahan sikap pengguna menuju preferensi kendaraan beremisi rendah. Penerimaan pasar terhadap teknologi hybrid menjadi solusi mobilitas berkelanjutan yang mudah dan dapat diandalkan serta sesuai kondisi Indonesia.
Keberhasilan ini lebih dari sekadar momen musiman atau keberuntungan. Tren solid ini telah dibangun sejak awal tahun, dimulai dengan kontribusi penjualan model hybrid 46% pada Januari 2025, tumbuh menjadi 47% pada Februari, kemudian mencapai puncaknya pada bulan Maret sebesar 52%. Pertumbuhan tersebut dibentuk oleh keyakinan konsumen untuk memiliki dan menggunakan mobil hybrid Suzuki, dimana dua dari tiga model merupakan buatan dalam negeri.
Kecepercayaan pelanggan tidak lepas dari asal usul merek yang terpercaya dan teruji seperti Suzuki. Lebih meyakinkan lagi, 83% dari keseluruhan model hybrid terjual selama 4 bulan tersebut merupakan produksi Indonesia, tepatnya dari pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat. Lokasi manufaktur menjadi alasan kuat bagi konsumen ketika mengambil keputusan jangka panjang, karena komitmen produsen merupakan pemberi ketenangan bagi pelanggan selama menggunakan mobilnya.
Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS, menyikapi semakin baiknya perolehan penjualan model hybrid. “Pada bulan lalu, kami mencatat adanya koreksi kecil pada angka retail sales April 2025, Namun jika melihat data dalam perspektif luas, penurunan tersebut masih dapat diterima dalam konteks fluktuasi pasar yang lebih besar. Secara persentase, kontribusi model hybrid masih menunjukkan kinerja positif dan harus terus di kelola secara baik.”
Suzuki memproduksi model hybrid di Indonesia seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Langkah ini bukan hanya dilakukan untuk memenuhi permintaan dari konsumen dalam negeri saja. Sejumlah negara turut merasakan kualitas unggul serta manfaat dari mobil-mobil tersebut melalui kinerja ekspor, antara lain Amerika Selatan, Oceania, maupun berbagai negara di Asia Tenggara.
Keberadaan New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid sebagai produk global juga memberi rasa bangga bagi para penggunanya. “Membangun kepercayaan terhadap teknologi hybrid memang ada tantangan tersendiri. Namun dengan konsistensi beserta ketulusan kami dalam melayani pelanggan, secara perlahan manfaatnya telah terlihat maupun dapat dirasakan bersama. Popularisasi model hybrid kami bukan sekedar tentang penjualan saja, tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata Suzuki bagi Indonesia,” tutup Randy.
ALL NEW ERTIGA |
|
| GA - MT | IDR 236.150.000 |
| GL - MT | IDR 259.750.000 |
| GL - MT | IDR 270.800.000 |
ALL NEW ERTIGA HYBRID |
|
| HYBRID GX MT | IDR 275.800.000 |
| HYBRID GX AT | IDR 286.800.000 |
| HYBRID CRUISE MT | IDR 288.600.000 |
| HYBRID CRUISE AT | IDR 299.500.000 |
| HYBRID CRUISE MT 2TONE | IDR 290.600.000 |
| HYBRID CRUISE AT 2TONE | IDR 301.500.000 |
APV ARENA |
|
| BLIND VAN | IDR 178.400.000 |
| GA | IDR 226.000.000 |
| GL | IDR 234.200.000 |
| GX | IDR 248.300.000 |
| SGX | IDR 251.600.000 |
FRONX |
|
| GL MT | IDR 259.000.000 |
| GL AT | IDR 271.000.000 |
| HYBRID GX MT | IDR 276.000.000 |
| HYBRID GX AT | IDR 293.900.000 |
| HYBRID SGX AT | IDR 319.900.000 |
| HYBRID SGX AT 2TONE | IDR 321.900.000 |
GRAND VITARA |
|
| GX AT | IDR 399.350.000 |
| GX AT TWO TONE | IDR 402.350.000 |
JIMNY 3 DOORS |
|
| MT (Single Tone) | IDR 456.800.000 |
| AT (Single Tone) | IDR 470.500.000 |
| MT (Two Tone) | IDR 459.800.000 |
| AT (Two Tone) | IDR 473.500.000 |
JIMNY 5 DOORS |
|
| JIMNY 5 DOORS MT | IDR 474.800.000 |
| JIMNY 5 DOORS AT | IDR 488.500.000 |
| JIMNY 5 DOORS MT 2TONE | IDR 477.800.000 |
| JIMNY 5 DOORS AT 2TONE | IDR 491.500.000 |
| JIMNY 5 DOORS AT WHITE RHINO | IDR 502.600.000 |
NEW BALENO |
|
| NEW BALENO AT | IDR 288.100.000 |
NEW CARRY |
|
| Flat-Deck STD | IDR 170.700.000 |
| Flat-Deck AC - PS | IDR 178.700.000 |
| Wide-Deck STD | IDR 171.800.000 |
| Wide-Deck AC - PS | IDR 179.600.000 |
NEW XL7 |
|
| ZETA MT | IDR 262.250.000 |
| ZETA AT | IDR 273.400.000 |
| HYBRID BETA MT | IDR 290.300.000 |
| HYBRID BETA AT | IDR 301.350.000 |
| HYBRID ALPHA MT | IDR 300.400.000 |
| HYBRID ALPHA AT | IDR 311.450.000 |
| HYBRID ALPHA MT 2TONE | IDR 302.400.000 |
| HYBRID ALPHA AT 2TONE | IDR 313.500.000 |
S-PRESSO |
|
| S-PRESSO MT | IDR 171.400.000 |
| S-PRESSO AGS | IDR 181.400.000 |
Tidak ada komentar